Nikmatnya Kopi Asli Ngebel

KECAMATAN NGEBEL – Berkunjung ke wisata Telaga Ngebel terasa hambar rasanya kalau belum menikmati minum kopi di pinggir telaga Ngebel. Kopi yang disajikan di area wisata Telaga Ngebel sebagian besar merupakan kopi asli hasil bumi dari ladang-ladang kopi di Kecamatan Ngebel yang dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Dari semua jenis kopi yang ada di Kecamatan Ngebel, ada salahsatu kopi yang sudah mendunia, bahkan sudah mendapat sertifikasi dari Swiss, kopi itu bernama Kopi Hargo Kiloso yang berasal dari perkebunan kopi di daerah Margoploso Desa Talun Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Banyak para wisatawan yang tertarik dengan produk kopi asli Ngebel ini, bahkan ada yang rela berkunjung ke ladang kopi di Margoploso.

Dengan dikemas menjadi dua jenis, yaitu jenis roast dan jenis bubuk, kopi Hargo Kiloso ini diolah dengan dua cara, yaitu secara tradisional mandiri dan diolah dengan menggunakan mesin. Tetapi lebih banyak diolah dengan manual dan tradisional, dari pengolahannya tersebut lebih didapat rasa dan aroma kopi yang unik dan berbeda dengan kopi hasil olahan pabrik.

 

Mas Benny selaku pengelola Kopi Hargo Kiloso menuturkan bahwa pengolahan kopi Hargo Kiloso masih memerlukan penyempurnaan dan peningkatan lagi untuk lebih bisa bersaing dengan produk-produk kopi dari daerah lain. Kedepannya kopi asli Ngebel ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi dan wisatawan yang berkunjung ke Telaga Ngebel

Bagikan