Pelepasan Elang Jawa dan Burung Merak

Pada tanggal 20 Nopember 2019, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dan Yayasan Konservasi Elang Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Camat Ngebel, dan PERHUTANI KPH Wilis Barat, melepas satu ekor Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi) dan 7 ekor burung Merak (Pavo Cristatus) di Kawasan Cagar Alam Gunung Picis Desa Gondowido Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo dan di Cagar Alam Gunung Sigogor Desa Pupus Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.

Kawasan ini dipilih karena merupakan Site Monitoring populasi Elang Jawa di wilayah kerja BKSDA Jawa Timur dalam rangka peningkatan populasi spesies prioritas utama terancam punah jenis Elang Jawa. Kepala BKSDA menuturkan salah satu satwa langka ini dilepasliarkan setelah melalui beberapa tahapan medis, rehabilitasi dan habituasi.

Spesies ini termasuk satwa langka yang dilindungi sesuai UU Nomor 5 Tahun 1990 dan PP Nomor 7 Tahun 1999. Dipilihnya wilayah Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo ini adalah merupakan tempat asal Elang Jawa ini.

Lebih lanjut Camat Ngebel, Bpk. SUSENO, S.Sos, MM mengharapkan pelestarian Elang Jawa dan Burung Merak ini bisa menjadi sarana edukatif bagi masyarakat sekitar kawasan Cagar Alam Gunung Picis dan Cagar Alam Gunung Sigogor dalam memahami arti penting menjaga ekosistem satwa liar yang ada di Kecamatan Ngebel kabupaten Ponorogo

Bagikan